Selasa, 05 Juli 2011

KINERJA GURU


Guru (dalam bahasa Jawa) adalah seorang yang harus digugu dan ditiru oleh semua muridnya.Harus digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid. Segala ilmu pengetahuan yang datangnya dari sang guru dijadikan sebagai sebuah kebenaran yang tidak perlu dibuktikan dan diteliti lagi. Seorang guru juga harus ditiru artinya seorang guru menjadi suri teladan bagi semua.muridnya. Mulai dari cara berpikir, cara bicara, hingga cara berperilaku sehari-hari. sebagai seorang yang harus digugu dan ditiru seorang dengan sendirinya memiliki peran yang luar biasa dominannya bagi murid.[1]


[1]Muhamad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional, (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2008),  h. 17.
Adapun Kinerja adalah tingkat keberhasilan seseorang atau kelompok orang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta kemampuan untuk mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan.[1]


[1]Sulistyorini. Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan. 2001. h. 62-70
Kinerja merupakan hasil dari fungsi pekerjaan atau kegiatan tertentu yang di dalamnya terdiri dari tiga aspek yaitu: Kejelasan tugas atau pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya; Kejelasan hasil yang diharapkan dari suatu pekerjaan atau fungsi; Kejelasan waktu yang diperlukan untuk menyelesikan suatu pekerjaan agar hasil yang diharapkan dapat terwujud.[2] 
Dari uraian tersebut, maka yang dimaksud dengan kinerja guru adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru/pendidik. Dalam dunia pendidikan, Kinerja guru perlu untuk ditingkatkan/ dimotivasi.
Untuk menggerakkan motivasi, baik motivasi untuk siswa maupun untuk guru itu sendiri dibutuhkan alasan/motif yang kuat yang dapat merangsang poses belajar mengajar, seperti memberikan reward berupa hadiah atau piagam bagi siswa yang berprestasi. Kemudian untuk guru sendiri, adanya pemilihan guru Favorit dan guru tauladan untuk sekolah tersebut.[1] Dengan demikian diharapkan baik siswa maupun guru supaya berlomba-lomba untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dengan cara meningkatkan motivasi belajar dan mengajar.


[1]Hendra Surya, Menjadi Manusia Pembelajar, Jakarta, PT Gramedia, 2009 h. 3
 


[1]Sulistyorini. Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan. 2001. h. 62-70
[2]Timpe, A. Dale, Kinerja. Jakarta : PT. Gramedia Asri Media. 1992, h. 35

Tidak ada komentar:

Posting Komentar