Rabu, 25 Januari 2012

faktor-faktoryang mempengaruhi pelaksanaan tugas kepala madrasah sebagai supervisor

Oleh: Navisa Hikmah
 
Supevisi diadopsi dari bahasa Inggris “supervision” yang berarti pengawasan.
Menurut Syaiful Sagala, ada beberapa tujuan dalam kegiatan supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah antara lain:
1)   Tujuan Umum
Secara umum, tujuan supervisi ialah membantu guru meningkatkan kemampuannya agar menjadi guru yang lebih baik dalam melaksanakan pembelajaran.
2)   Tujuan Khusus
Adapun secara khusus, tujuan pelaksanaan supervisi di sekolah adalah :
a)   Membantu guru mengembangkan proses pembelajaran
b)   Membantu guru menterjemahkan kurikulum dalam bahasa pembelajaran
c)   Membantu guru mengembangkan staf sekolah 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tumizah 2006, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tugas kepala sekolah sebagai supervisor, antaralain:


a.     Latar belakang pendidikan sekolah, yaitu dari lembaga apa ia mengikuti poses pendidikan
b.    Pengalaman dan pengetahuan kepala sekolah, yakni sudah berama lama ia menjabat sebagai kepala sekolah dan sudah berapa kali ia mengikuti kegiatan pelatihan
c.    Sarana dan prasarana yang mendukung kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya
d.   Kondisi lingkungan sekolah